Thursday, August 13, 2009

Cara membuat Sushi ('tuk pemula)


KANI SUSHI ROLL

Bahan
1 piring Nasi Jepang Dingin
6 lembar Nori (rumput laut ukuran besar)
3 lembar daun selada
2 buah mentimun Jepang, dibelah menjadi 4 bagian
6 buah kani stick
3 butir telur
6 sdm Mayones
1 sdt vinegar (cuka)
1 sdm air
1 sdm gula pasir
3 sdm minyak sayur

additional : Kecap Jepang khusus Sushi Merk Kikkoman

Cara Membuat


  • Kocok telur, lalu buat dadar di dalam wajan antilengket (menjadi 3 lembar dadar), belah dua, sisihkan.
  • Campur vinegar, air, dan gula pasir, lalu rebus hingga mendidih, angkat dinginkan.Campurkan larutan ini dengan nasi, aduk rata.
  • Letakan Nori diatas sudare (rajutan bambu) agar menggulungnya lebih mudah. Taruh nasi diatas Nori, ratakan hingga seluruh permukaannya tertutup, tekan agar padat
  • Tata daun selada, mentimun jepang, kani stick, dan irisan telur dadar, lalu tambahkan mayones.
  • Gulung perlahan dengan sedikit ditekan. Iris sushi dengan ukuran sesuai selera, sajikan.
  • Sebagai opsi dapat dimakan dengan kecap jepang Kikkoman (membuat Sushi kalo dimakan semakin yummie)

Tips Bahan2 Sushi

1. Nasi Jepang biasanya agak lebih pulen, lebih putih, dan memiliki tekstur yang lembut daripada nasi biasa. Untuk memasaknya adalah menggunakan beras jepang.
Beras Jepang dapat dibeli di supermarket yang menjual bahan makanan jepang (Papaya, Kamome di sekitar Blok M) dan supermarket yang menjual makanan import (Diamond, Kemchick, Ranch market) harganya cukup mahal sekitar 130rb - 170rb per 5 kg.
Sebagai alternatif untuk harga yg lebih murah dapat memakai beras sangat pulen kualitas ekspor co/ Beras merk ABC "sangat pulen" (didepan karungnya ada gambar Sushi) dapat dibeli di Carrefour harganya sekitar 70rb-an per 5 kg.


2. Nori merupakan Rumput laut Jepang berwarna hijau tua. Dapat dibeli di supermarket yang menjual bahan makanan Jepang, Carrefour, Diamond, Sogo, Ranch market.

3. Kani Stick merupakan olahan dari kepiting yang berbentuk stick berwarna orange dan putih. Bisa dibeli di Supermarket yang menjual makanan beku seperti Carrefour, Giant harganya untuk 8-9 potong sekitar 8rb-an


4. Mentimun Jepang merupakan mentimun yang kulitnya berwarna hijau tua, seperti timun yang biasa digunakan sebagai pelengkap salad di Hoka-hoka Bento/ resto jepang lainnya.

It's Sushi Time...Happy Cooking.. V[^__-]

1 comment:

Lita said...

iihh makasih mbak. lg pengen bikin sushi nih buat anakku. oia mbak cuka nya tuh cuka biasa yah? ga perlu cuka jepang? trus takaran gula garemnya seberapa nya nasi?? *bingung. japri bisa ga mbak? ke lita_lily21@yahoo.com. nuhun pisan